Selasa, 08 Desember 2015

Memahami Otak dan Akal Manusia

Apa yang Anda ketahui tentang otak manusia?
Otak manusia perlu dibedakan dengan akal. Otakadalah sesuatu yang ada di batok kepala kita bagian belakang yang fungsinya ada tiga:

• Menyerap informasi
• Menyimpan informasi
• Mengeluarkan informasi

          Fungsi otak adalah menyerap, menyimpan dan mengeluarkan informasi. Sedangkan fungsi akal adalah mengelola informasi yang sudah masuk ke dalam otak.

        Di mana letak akal? Tidak seorang pun dapat menunjukkan dengan baik dimana letak akal. Al-Quran mengatakan, Lahum qulubun la ya qiluna biha, yang artinya ‘mereka mempunyai hati, tetapi mereka tidak berpikir dengan hatinya’.Jadi, definisi umum untuk akal adalah al aqlu huwa quwwatum mudrik, ‘kekuatan yang mampumenangkap dan memahami sesuatu’.

          Menyerap belum tentu berarti memahami. Misalnya, Anda belum tetantu memahami al-Quran, tetapi Anda bisa menyerapnya. Yang membuat Anda dapat memahami al-Quran adalah akal dan yang membuat Anda mampu menghafalnya adalah otak. Cara menghafal yang bagus dan cepat adalah dengan memahami. Jadi, ada kerjasama antara otak danakal sehingga Anda tidak membiarkan otak bekerja sendiri.

          Otak dan akal manusia harus terus dilatih untuk bekerja agar kerja ia mudah. Ketika kita mendiamkannya maka semakin sulit untuk otak dan akal kita bekerja. Kita perlu memahami otak dan akal itu sendiri, agar mudah memanfaatkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar