Selasa, 02 Februari 2016

Prinsip Sebuah Pensil

   Seorang anak bertanya kepada neneknya yang sedang menulis sebuah surat."nenek sedang menulis pengalaman kita ya atau jangan-jangan tentang aku",kata anak itu.mendengar peryataan si cucu sang nenek berhenti menulis dan berkata kepada cucunya.sebenernya nenek itu sedang menulis tentang kamu,tapi ada yang lebih penting dari tulisan ini,yaitu pensil yang nenek pakai,nenek harap kamu bisa menjadi seperti sebuah pensil ini,satu saat nanti.mendengar neneknya sang cucu kemudian memperhatikan pensil itu,melihat tidak ada yang istimewa.sepertinya pensil ini sama saja seperti pensil yang lainnya.

   Si nenek lalu menjawab."itu semua tergantung kamu melihatnya,pensil ini mempunyai lima kualitas yang bisa membuatmu tenang dalam menjalani hidup,asal kamu bisa memegang prinsip-prinsip ini dalam hidup.

     Pertama,pensil mengingatkanmu bahwa banyak hal hebat yang bisa kamu perbuat dalam hidup.seperti sebuah pensil ketika menulis jangan pernah lupa kalo ada tangan yang membimbingnya.membimbing langkahmu dan membimbing ke segala arah dan kita menyebutnya Allah Swt dan ialah yang akan membimbing kita sesuai kehendaknya.

   Kedua,dalam proses menulis nenek harus berhenti dan meraut pensil untuk menajamkannya.rautan ini nih pasti akan membuat pensil menderita,tapi setelah itu pensil akan mendapatkan ketajamannya kembali.begitu pula dengan dirimu harus berani menerima kesusahan dan penderitaan karena dengan begitu kamu akan belajar menjadi orang yang lebih baik.

  Ketiga,pensil selalu memberikan kita kesempatan untuk menghapus saat kita melakukan kesalahan.oleh karena itu memperbaiki kesalahan bukanlah hal yang buruk,itu bisa membantu kita ke jalan yang benar.

   Keempat,hal yang penting dari pensil bukanlah dari luar,melainkan arang yang ada didalamnya.maka sadarilah segala sesuatu yang ada didalam dirimu.

    Kelima,sebuah pensil selalu meninggalkan goresan.sama seperti dirimu apapun yang kau perbuat dalam hidup ini akan meninggalkan kesan,maka selalu berhati-hatilah dalam bertindak.seperti itulah prinsip menjadi pensil yang bisa kita terapkan dalam hidup.

"Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang bertakwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan"
(Q S An Nahl 128)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar